Media

Contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview kerja
By Maria Yuniar - 13 September 2020
4 min read 167102 Views

Jika interviewer mengajukan pertanyaan tentang kelemahan dan kelebihan saat interview, apa yang harus dijawab? Apakah kita jawab soal kepribadian, atau skill?

Lalu, ketika interviewer menanyakan cara mengatasi kekurangan dan sebagainya, bagaimana menjawabnya? 

Berikut penjelasan lengkap untuk kamu simak. 

Kunci menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kelemahan diri saat interview

kunci menjawab pertanyaan apa kelebihan dan kekurangan saat interview kejujuran - EKRUT
Jawablah pertanyaan saat interview dengan percaya diri dan bijaksana - EKRUT

Di dalam interview kerja, ada  beberapa pertanyaan interview kerja yang tujuannya bukan untuk mencari jawaban yang benar. Melainkan untuk melihat cara berpikir dan pengenalan kandidat terhadap dirinya sendiri.

Dalam hal ini, salah satu caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan kelemahan dan kelebihan saat interview. Selain itu masuk dalam kategori kedua, yaitu untuk melihat cara berpikir dan serta pengenalanmu terhadap diri sendiri.

Nah, kunci untuk menjawab pertanyaan tentang kelemahan dan kelebihan saat interview kerja ada pada beberapa hal, yaitu: 

1. Keyakinan

Jika kamu menunjukkan keragu-raguan saat menjawab pertanyaan tersebut, kamu akan meninggalkan kesan yang kurang baik.

Interviewer akan melihatmu sebagai orang yang tidak percaya diri atau tidak mengenal diri sendiri. Sebaliknya, jawaban yang meyakinkan membuktikan kamu mengenal sendiri, bahkan nyaman dengan semua kelemahan dan kelebihanmu.

2. Kejujuran dalam menjawab

Kunci kedua dalam menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri adalah kejujuran dalam menjawab. Pasalnya, mereka mengajukan pertanyaan ini untuk mendapatkan jawaban jujur tetang kandidat seperti apa sebenarnya kamu. 

Dengan mengajukan pertanyaan kelemahan dan kelebihan tersebut, perekrut ingin melihat  beberapa hal seperti:

  • Kesesuaian antara kemampuan kamu dan kebutuhan perusahaan
  • Potensi apakah kamu dapat mengemban pekerjaan dengan baik di kemudian hari
  • Perbandingan antara kamu dan kandidat lainnya. Hal ini dilakukan karena perusahaan tentu ingin menemukan kandidat terbaik
  • Apakah kamu dapat memberikan perubahan yang baik untuk tim
  • Apakah kepribadian (termasuk kelemahan dan kelebihan) kamu sesuai dengan budaya dan cara kerja di perusahaan tersebut

Itu sebabnya kamu hanya perlu menjawab dengan sejujur-jujurnya. Toh, pasti akan lebih nyaman jika bekerja di perusahaan yang bisa memanfaatkan kelebihanmu dan mengakomodir kekuranganmu, bukan?

Baca juga: Jawaban terbaik untuk "ceritakan tentang diri Anda” saat interview

Perhatikan ini saat menjawab pertanyaan kelemahan dan kelebihan 

pertanyaan kelemahan dan kelebihan saat interview - EKRUT
Dengan mengajukan pertanyaan kelemahan dan kelebihan, perekrut dapat melihat potensi dalam dirimu - EKRUT

Jangan terpaku pada contoh kelebihan dan kekurangan diri yang bisa kamu temukan di internet. Agar dapat menjawab pertanyaan kekurangan dan kelebihan diri saat interview penting agar kamu mengenali terlebih dahulu diri kamu sendiri lalu terapkan kedua kunci menjawab pertanyaan kekurangan dan kelebihan di atas. 

Agar lebih mudah dalam menyampaikan kelemahan dan kelebihan diri, kamu juga bisa menjelaskannya pada konteks-konteks tertentu. 

Misalnya kamu bisa menjawabnya dengan cara:

"Dalam situasi di mana ......(masukkan konteks atau situasi tertentu), saya cenderung ..... (tunjukkan situasi yang menunjukkan letak kelemahan kamu). Ini membuat saya ( sisipkan kelemahan). Saya menyadari hal ini dan telah berusaha untuk mengatasinya (jelaskan cara kamu mengatasi kelemahan). Dengan melakukan hal itu saya sekarang (jelaskan keberhasilan dari solusi yang kamu lakukan untuk memperbaiki kelemahan)." 

Selain contoh strategi menjawab kelemahan diri ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terutama saat menyampaikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini. 
  • Hindari memberi jawaban yang terkesan terlalu klise dan membual
  • Jangan berikan penjelasan yang terlalu bertele-tele 
  • Jangan membuat kesan bahwa kamu mengecilkan diri karena berlarut dalam kekuranganmu
  • Selektif dalam memilih contoh. Berikan contoh-contoh yang benar-benar berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar

Baca juga: Catat 5 tips persiapan wawancara kerja ini agar cepat direkrut

Tips menjawab pertanyaan cara mengatasi kekurangan diri 

pertanyaan kelemahan dan kelebihan saat interview - EKRUT
Tunjukkanlah bahwa kamu selalu berusaha memperbaiki kelemahan yang kamu miliki - EKRUT

Lalu bagaimana dengan pertanyaan  "Bagaimana cara mengatasi kekurangan diri tersebut? " 

Melalui pertanyaan ini interviewer sebenarnya ingin mengetahui caramu menyelesaikan masalah. Selain itu, interviewer juga ingin mencari tahu potensimu dalam menjadi pribadi yang lebih baik, dengan kesadaran sendiri.

Perusahaan lebih menyukai kandidat yang terus berusaha untuk menjadi lebih baik. Dengan demikian, kandidat bisa dipercaya untuk membawa perubahan positif ke perusahaan. 

Untuk mengatasi pertanyaan ini, ada baiknya sebelum wawancara kamu membuat daftar kelemahan diri lalu memilih kelemahan diri yang relatif minor dan dapat diperbaiki. Sehingga ketika ada pertanyaan "Apa yang kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut?" kamu bisa memberikan jawaban dengan lebih mudah. 

Contohnya:   "Saya merasa gugup ketika berbicara di depan umum

Kelemahan diri ini adalah sesuatu yang terbilang  dapat kamu perbaiki. Salah satu caranya seperti dengan terus belajar dan berlatih, misalnya dengan mengikuti kelas public speaking. 

Baca juga: Persiapkan dirimu hadapi 6 pertanyaan cerdas interview kerja

EKRUT contest - EKRUT

Contoh jawaban dari pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri 

pertanyaan kelemahan dan kelebihan saat interview - EKRUT
Buatlah daftar kelemahan dan kelebihan diri untuk memudahkanmu merancang jawabannya sebelum interview - EKRUT

Berikut beberapa contoh jawaban dari pertanyaan kelemahan dan kelebihan diri yang bisa kamu lihat untuk mendapat pemahaman tentang cara menjawab pertanyaan tersebut. 

Contoh jawaban kelebihan diri 

"Saya teliti dan ulet. Ketika sedang mengerjakan suatu proyek saya pasti selalu melacak perkembangan hingga ke detail. karena saya memiliki pemahaman yang komprehensif tentang komponen-komponen tersebut, saya dapat melihat hal-hal yang penting dan dapat membuat prioritas dengan tepat sehingga semua dapat memenuhi tenggat waktu. Hal ini tercermin dari umpan balik rekan kerja dan manajemen saya. "

"Saya bisa bekerja baik bahkan jika di bawah tekanan. Ketika saya bekerja sebagai konsultan, saya sering harus memberi presentasi kepada para eksekutif tingkat tinggi di perusahaan yang kami konsultasikan dengan pemberitahuan satu hari atau kurang. Saya harus dengan cepat belajar bagaimana berbicara dengan percaya diri dan lancar tentang materi yang baru saya buat sehari sebelumnya. Saya merasa seperti tertantang untuk dapat menjelaskan semuanya dengan jelas dan tenang. Saya percaya bahwa keterampilan ini akan membuat saya cocok dalam peran sebagai juru bicara yang saya lamar ini."

Contoh jawaban kelemahan diri 

"Saya suka menunda-nunda.Dulu saya pikir itu bukan kebiasaan buruk karena saya hanya menciptakan stres untuk diri sendiri. Tetapi ketika saya bekerja untuk perusahaan XYZ beberapa tahun lalu, saya berada di proyek kelompok di mana saya dapat melihat bagaimana kebiasaan menunda-nunda itu menciptakan tekanan bagi semua orang. Dari situ saya merasa harus intropeksi. Saya mulai membuat jadwal harian yang membuat saya belajar bertanggung jawab pada tim dan menghentikan kebiasaan itu."

"Terkadang saya bisa sedikit terlalu jujur ketika memberikan umpan balik pada rekan kerja. Kepribadian saya memang sangat mudah untuk berbicara langsung pada intinya, dan sebagian besar rekan kerja saya benar-benar menghargai itu. Namun, saya belajar bahwa ada saaatnya ketika saya membutuhkan lebih banyak diplomasi. Saya mengambil kelas pelatihan tentang manajemen konflik dan itu membuka mata saya akan kebutuhan untuk berkomunikasi secara berbeda dengan orang yang berbeda. Jadi sekarang saya sudah jauh lebih baik dalam memberikan umpan balik yang konstruktif meskipun itu tidak selalu datang secara alami"

Pertanyaan interview tentang kelemahan dan kelebihan ini memang bisa terkesan sedikit rumit bagi sebagian orang, tetapi jangan terlalu stres memikirkannya.

Dengan persiapan menghadapi interview kerja yang matang kamu tetap bisa melewatinya  dan meyakinkan para interviewer bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu.
 

pertanyaan kelemahan dan kelebihan saat interview

Last update: 20 August 2020

Tags: job interview, wawancara kerja, interview kerja, interview

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang